Garis Logo
images

GUBERNUR RESMIKAN GEDUNG PASAR RAKYAT WAMEO

Menjadi hal menggembirakan bagi warga Kota Baubau dengan diresmikannya gedung pasar rakyat Wameo oleh plt.Gubernur Sultra, HM. Saleh Lasata, pada Senin pagi, 5 Pebruari 2018.

Walikota Hado Hasina dalam sambutannya mengatakan tak hanya Pasar Wameo yang akan dikerjakannya, tetapi juga akan melakukan pembenahan ekonomis di kawasan Stadion Betoambari termasuk penataan sejumlah kawasan strategis termasuk pikiran panjangnya untuk soft opening di akhir tahun terminal Lakologou sebagai terminal terbesar di Sulawesi Tenggara.

Sebagai terminal, walikota menjelaskan jika fungsi Lakologou sebagai pusat terminal di kawasan kepulauan Buton, yang sentralnya di kawasan itu.

Berkaitan dengan gedung pasar rakyat Wameo ini, walikota tetap berharap bantuan Dinas Perdagangan prov. Sultra untuk pembenahan halamana gedung pasar ini yang masih dinilai kurang maksimal.

Mengawali sambutannya plt. Gubernur Saleh Lasata mengenang masa kecilnya di kawasan Wameo dan sekitarnya. Soal pasar rakyat ini, Saleh mengungkap jika pasar rakyat merupakan simpul ekonomi yang diharapkan tumbuhnya ekonomi kerakyatan di tengah pasar-pasar modern dewasa ini, apalagi Kota Baubau di kenal sebagai kawasan perekonomian di Sulawesi Tenggara sejak dulu.

Gubernur juga mengapresiasi pj. Walikota saat ini sebagai pemimpin inovatif yang telah mampu menganalisis tugas pokoknya. "Kendati hanya setahun, tetapi saya yakin pj. Walikota bisa menyimpan kenangan yang baik. Sebab ia pumya mimpi besar terhadap kota ini. Sekiranya segenap masyarakat Baubau bisa membantunya sepenuh hati, sebab bagaimanapun ia adalah petugas negara," tandasnya.

Moment peresmian ini juga dimanfaatkan wagub untuk pamitan dengan masyarakat Kota Baubau selama kepemimpinannya berpasangan dengan H. Nur Alam yang tidak lama lagi akan berakhir.

Pasar rakyat ini dibangun atas dana APBN yang rencananya diperuntukkan untuk pusat penjualan ayam dan daging. Usai peresmian dan penandatanganan prasasti dilaksanakan pencabutan undian lods calon pedagang.