Garis Logo
images

PAWAI TAARAUF MTQ BAUBAU RIUHKAN WARGA EREKE

Masyarakat kota Ereke Kabupaten Buton Utara begitu riuh memberikan sambutan penyambutan bagi khafilah MTQ Kota Baubau di acara Pawai Taaruf Pra Pembukaan MTQ ke-27 Tingkat Prop. Sulawesi Tenggara yang berlangsung pagi hingga siang di hari Selasa, 20 Maret 2018. Paling tidak kafilah Kota Baubau ini dalam perjalanan kaki sepanjang kurang lebih 7 kilometer cukup memberikan atraksi yang menghibur warga setempat.

Direlease Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Baubau, H. Idrus Taufiq Saidi, S.Kom., M.Si menyebutkan jika pimpinan barisan pawai Taaruf Baubau ini, La Ode Darussalam S.Sos, M.Si yang juga Kepala Dinas pemuda dan Olahraga Kota Baubau tampak ‘heboh’ memberi semangat dan yel-yel berkaitan partisipasi kota ini di ajang MTQ Sulra ini.

Tak hanya mengumandangkan shalawat yang menyejukkan dengan irama yang menghibur, sesekali juga menyanyikan lagu Tanah Wolio di sepanjang perjalanan. Bahkan beberapa kali menyebutkan 5 prinsip sukses ala kepemimpininan Pj. Wali Kota Baubau, Dr. Ir. H. Hado Hasina, MT yang dikenal dengan prinsip “Pokana Pongipi; Simbiti; Kaleru YindaNdapokia Somanamo amalape haejati; Tapekadei Mingkuta; Sodamparagigi,”.

Kontingen MTQ Kota Baubau ini hadir lengkap sejumlah 160 orang kafilah, menggunakan seragam nuansa merah maron dan hitam begitu semangat berjalan dari GOR Ereke hingga tribun penghormatan yang berada di depan masjid Attaqwa di kawasan pelataran Rujab Bupati Buton Utara yang berjarak sekitar 7 kilometer.

Hebohnya warga memberikan sambutan ini mengira Fildan yang menjadi ikon artis Tanah Wolio ini hadir mengikuti pawai. “Kami mengira Fildan ikut di kontingen Baubau; karena informasi yang berkembang seperti itu,” ujar Ibu Hasnah, warga setempat yang berdiam di kawasan Pasar lama Ereke.

Di Pawai ini, selain menampilkan anggota khafilah juga menampilkan putra putri dalam balutan Busana Buton di atas kendaraan hias bernuansa Benteng Keraton Buton. Di garis finish, Pawai Taaruf Baubau ini memberikan salam penghormatan kepada Pj. Gubernur Sultra, Drs. Teguh Setyabudi, M.Pd didambpingi Bupati Buton Utara, Drs. H. Abu Hasan, M.Pd dan sejumlah pimpinan daerah se Sulawesi Tenggara; termasuk Pj. Walikota Hado Hasina yang tampak sumringah melambaikan tangan kepada kafilahnya.

Di tengah keriuhan warga yang antusian memberikan sambutan, beberapa rombongan mengeluhkan jauhnya rute perjalanan di terik mentari. Namun begitu, tidak mengurangi semangat dan sakralnya even siar Islam ini, terkecuali catatan evaluasi kegiatan.