Garis Logo
images

UU RI No 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan Disosialisasikan

Arsip terkadang menjadi sesuatu yang abai di lingkungan pemerintah, padahal nilainya memberi pengaruh besar sebagai pusat informasi, studi pemikiran dan komunikasi. Itu disampaikan Wali Kota Baubau yang diwakili Asisten Administrasi Umum Setda Kota Baubau, Drs. La Ode Sarafa DS., M.Si, dalam sosialisasj UU RI NO. 43 tentang Kearsipan di gedung Arasalana Baubau.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Baubau, Drs. Sadarman,, M.Si meriis kegiatan tersebut dengan menyebutkan beberapa pemikiran penting wali kota terkait pentingnya arsip tersebut.

"Kedudukan dan peranan pengelolaan arsip pada setiap instansi pemerintah berkembang dengan pesat saat ini sangat menentukan keberhasilan dalam rangka mencapai tujuannya. Instansi pemerintah tidak lagi hanya berfungsi sebagai kegiatan ketatausahaan saja akan tetapi juga sebagai pusat informasi pusat pemikiran dan pusat komunikasi," Ujar La Ode Sarafa membacakan sambutan wali kota.

Salah satu cara yang dilakukan pemerintah dalam rangka menghadapi perkembangan teknologi adalah memiliki sistem informasi yang baik cepat dan teliti. Hal ini harus didukung oleh ketersediaan dokumen baik secara konvensional maupun secara digital.

Ketersediaan arsip pemerintah sangat penting untuk memberikan pelayanan kepada pihak lain dan untuk keperluan kegiatan yang menghubungkan dengan internalisasi pemerintah. Oleh karena itu arsip sangat berguna pada seluruh kegiatan yang berhubungan dengan pengelolaan di segala bidang.

"masalah di era otonomi daerah sekarang ini, di bidang kearsipan adalah belum terwujudnya tenaga pengelola arsip yang profesional khususnya dalam mengatur, menyimpan, dan merawat serta menyediakan kembali informasi yang dibutuhkan secara tepat dan benar bagi kesiapan pembinaan arsip tersebut." Ujarnya.

Disebutkan Undang-undang Nomor 43 Tahun 2009 tentang kearsipan membawa angin segar untuk menerapkan pengelolaan arsip di semua instansi pemerintah khususnya pemerintah Kota Baubau.

Pihak-pihak yang memiliki fungsi tugas dan tanggung jawab di bidang pengelolaan kearsipan akan lebih mudah untuk menerapkan sistem pengelolaan arsip. Untuk itu dalam rangka meningkatkan pengelolaan kearsipan dan rangka meningkatkan kualitas peningkatan mengenai implementasi dari materi undang-undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2009 tentang kearsipan.

Sosialisasi ini dilaksanakan secara teknis oleh Dinas Perpustakaan dsn Kearsipan Kota Baubau diikuti segenap perwakilan SKPD dan masyarakat di kota ini