Perfect Sunset

Keindahan Laut Baubau
Perfect Sunset
Kecamatan
Dinas dan Instansi
BPS Baubau Siapkan Data Inflasi
Berita - 2012-02-25 17:56:00

amirul_tamim_saat_peresmian_bps_baubau_400_01Dr Sihar Lumbantobing Deputi Statistik Produksi Badan Pusat Statistik (BPS) RI saat peresmian kantor BPS Kota Baubau yang baru saja selesai direnovasi Sabtu (25/2) mengatakan, statistik terus melakukan perubahan dalam hal kinerja termaksud BPS Baubau. Karena itu, mulai tahun 2012 ini, BPS Baubau sudah akan menyajikan data-data inflasi untuk Kota Baubau yang tidak hanya tahunan melainkan setiap bulan akan selalu tersaji.

Sihar Lumbantobing berharap, BPS Baubau harus dapat meningkatkan kinerja dan akses dapat disampaikan dengan baik, lebih murah dan lebih mudah. Apalagi, dengan adanya gedung baru yang dibangun dengan keterbatasan dana diharapkan menjadi energi dan semangat baru sesuai dengan reformasi birokrasi BPS yang tetap komit untuk melakukan perubahan.

Terkait dengan reformasi birokrasi, Sihar Lumbantobing mengungkapkan, seluruh BPS untuk menjadi pelaku utama meskipun perubahan itu tidak terlalu besar tapi dimulai dengan hal-hal kecil misalnya pembaharuan dalam bekerja dan berpikir, himbauan presiden tentang penghematan energi kepada seluruh pegawai BPS juga harus dimulai. "Perubahan ini dilakukan pelan-pelan ini dan ini budaya meski diakui sulit dilakukan dan tidak mudah tapi punya komitmen untuk tidak gagal. Terpenting pula pelayanan kepada pemerintah dan masyarakat akan lebih baik lagi di masa akan datang,"ujarnya.

Dalam kesempatan selama berada di Baubau, Sihar Lumbantobing yang sudah lama berkeinginan ke Baubau memuji banyak makanan di Baubau yang tidak terpikirkan sebelumnya dan ini menjadi pembelajaran tentang banyaknya fariasi makanan di indonesia seperti kasuami (makanan khas Baubau)  merupakan makanan yang harus dikembangkan untuk mengurangi konsumsi beras. Kemudian, memuji keindahan alam Baubau terutama pantai yang indah dan keindahan alam bawah lautnya.

Sementara itu, Walikota Baubau Drs MZ Amirul Tamim M Si mengakui Kota Baubau saat ini telah memberikan layanan yang lebih luas diluar Baubau seperti daerah-daerah belakang Provinsi Sulawesi Tenggara seperti melayani kawasan Buton, Buton Utara, Wakatobi dan Muna. Tidak hanya itu, sampai pula di daerah Maluku, maluku utara, malahan sampai ke Papua dan sebagian wilayah Sulawesi Tengah. Sehingga, bila  dilihat dalam posisi, keberadaan di pulau Sulawesi berada di kaki depan pulau sulawesi. Karena itu, dari perspektif masa depan, Kota Baubau mempunyai posisi yang strategis pada masa-masa depan karena dekat dengan ALKI 3 jalur laut internasional.

Dari tahun ke tahun jelas Amirul Tamim, Kota Baubau menunjukkan kemajuan tentu untuk mengetahui kemajuan ini tidak terlepas dari angka-angka statistik. Oleh sebab itu, BPS Baubau telah memberikan andil dan sumbangsih terbesar bagi perencanaan Kota Baubau yang usianya sangat mudah dalam otonom dalam sejarah panjangnya cukup tua. Apalagi, beberapa tahun terakhir ini angka-angka yang disajikan melalui statistik cukup memberikan suatu harapan bila kota ini mempunyai potensi yang besar karena didukung daerah-daerah belakang yang mempunyai kekuatan sumber daya alam dan Baubau memerankan bagaimana dengan posisi strategis tersebut."Kami menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada statistik Kota Baubau yang telah banyak memberikan andil terhadap langkah kemajuan Kota Baubau yang selama ini cukup didukung dengan penyajian kota dalam angka tentu termaksud PDRB. Dan tahun 2012 ini juga akan tersaji angka inflasi kota karena selama ini untuk Sulawesi Tenggara hanya Kota Kendari yang ada tersaji angka inflasi,"jelasnya. LAY